Tes Konsumsi Bensin Shogun 125 SP Ala Anak Gunung

Well, di dunia dan di Indonesia pada khususnya, konsumsi bbm sepeda motor menjadi poin yang krusial dalam pandangan sebagian besar orang. Mulai dari produk sepeda motor baru hingga yang jadul, masih saja ada orang yang menanyakan tentang konsumsi bbm nya. Nah menjawab keingin-tahuan para penggemar sepeda motor dan Penggemar Suzuki Shogun SP pada khususnya, maka blog Abimotor melakukan test langsung pada Suzuki Shogun 125 SP FL series lansiran 2007. Cukup tua juga yah.
Pengujian yang dilakukan sangatlah otentik alias dibuktikan dengan alat ukur dan menghindari “kira-kira” yang dapat membuat hasil menjadi rancu. Ala anak gunung, ya karena medan yang dilalui adalah pegunungan, lereng gunung lawu tepatnya. Ketinggian lokasi 75% diatas 1000m dpl dan sisanya antara 400 hingga 100mdpl. Mode ngegasnya pun mode street racer, yaitu ala anak alay yang betot-betot gas hingga mentok mpe motor bergetar hebat. Untung FL series dari pabriknya sudah menggunakan engine balancer jadi getaran gak begitu terasa, aluuus tenan.
Langsung saja di ketinggian 1200mdpl tangki bensin dikuras dengan cara mogog to mogog yaitu motor diajak jalan-jalan hingga mesin mati sendiri karena kehabisan bensin dalam tangki. Setelah habis, beli pertalite eceran satu liter dan sebelum motor dinyalakan, poto dulu tripmeter atau odometernya, disitu tercatat angka 751182. Nah langsung dah dinyalakan dan digas melintasi gunung lawu, mendaki dan menuruni gunung menuju Magetan kota. Sepanjang perjalanan selalu gas pol menjabani Suzuki Satria 150 FU baru(lansiran 2015) akselerasi ternyata bisa sebanding loh, gak kalah ama satria. Gak Cuma gaspol di trek lurus, juga ditikungan melakukan aksi miring-miring. Sebenernya takut sih, soalnya abis kecelakaan beberapa bulan lalu. Gas terus dan untung ketemu temen seperjuangan yang gaspol juga menggunakan Yamaha Vixion dan Honda Beat. Sampai di Magetan kota, ngobrol bentar ama temen, trus pulang deh balik sambil ngebut lagi gas pol lawan vixion tahun lawas, ane menang sob trek lurus, sekali lagi akselerasi gak kalah ama vixion meski nih motor udah 9 tahun umurnya. Hingga pada akhirnya motor mogok jjuga karena kehabisa bensin. Nah saatnya poto lagi tripmeternya dan mencatat angka75222. Trus cari penjual bensin eceran lagi, beli dua liter deh, untung yang jual bejibun.
pas abis isi bensin.
setelah bensin abis
Nah kesimpulannya nih, dari catatan angka tersebut maka konsumsi pertalite di pegunungan dan mode racing2an, si shogy sanggup menempuh jarak 40km per liter bensin. Gimana? Irit atau tidak? Menurut abimotor sih standar-standar ajah. Rata2 motor 125cc standar kalo dipake mode racing juga segitu konsumsinya. Yang membedakan adalah power outputnya, dengan konsumsi 40km/liter sanggup meladeni satria fu dan vixion, dimana motor sejenis (suprax125) gak bisa melakukannya. Wiiih ...

3 komentar:

  1. Mantaaap...sama punya aku, shogun sp RCMD KOPLING,,,HEMAT DAN NYAMAN AMAT BUAT TOUR..SHOGUN SP KOPLING jelajah negeri..puas

    BalasHapus
  2. Kelas bebek 125 sogun paling tangguh.. berandai2 suzuki mau produksi lg shogun 125

    BalasHapus
  3. PlayAmo Casino New Jersey - JTM Hub
    PlayAmo Casino 성남 출장샵 is the online 안산 출장마사지 casino that gives players an amazing online 군포 출장마사지 experience for NJ players. It 서산 출장샵 has a great 포항 출장샵 selection of games for players who want

    BalasHapus