Kencang Dan Longgarnya Rantai Kamprat



Kamprat atau cam chain sangat penting kegunaanya. Yaitu untuk menggerakkan cam atau Kem si pengatur buka tutup katup/klep. Rantai kamprat biasanya disetel sedemikian rupa agar kinerja mesin optimal.
lalu bagaimana jika suatu saat rantai kem ini kendur atau terlalu kencang? Inilah beberapa akibat yang berhasil abimotor rangkum;


Jika rantai terlalu kencang atau tegang;
1. Terlalu berat / seret Kruk As untuk memutar Noken As sehingga menyebabkan semua putaran mesin menjadi berat, 2. Motor agak sukar / berat untuk distater, 3. Motor tidak bisa stasioner / handel gas jika dilepas motor akan mati, 4. Suara motor mengaung-aung terutama pada saat motor dalam putaran tinggi, 5. Motor cepat panas / over heating, 6. Noken As dan dudukannya cepat aus, 7. Gigi Noken As / Cam Sproket cepat aus, 8. Cam Chain atau rantai kamprat cepat aus atau memanjang (mulur), 9. Tensioner cepat aus, 10. Gigi Kruk As / Timing Sproket cepat aus.

Jika rantai kamprat terlalu kendor;
1. Putaran dari Kruk As ke Noken As menjadi terlambat,
2. Terbuka dan tertutupnya katup tidak tepat pada "saat"nya, 3. Motor agak sukar di stater, 4. Motor tersendat-sendat terutama pada saat putaran tinggi, 5. Suara mesin berisik, 6. Bagian-bagian yang dekat dengan rantai akan mendapatkan gesekan, 7. Motor tidak bisa langsam atau motor sering mati pada putaran rendah.


 Nah, sudah tau kan untung ruginya, makanya jangan lupa servis motornya secara rutin agar tetap sehat, tetap bisa motoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar