Skuter matic khususnya merk Suzuki dan khususnya lagi di Indonesia, terbilang eksklusif dikarenakan motor merk ini bukanlah motor sejuta umat. populasinya termasuk sedikit. Keluhan pun bermunculan, bukan lantaran kualitasnya, tapi ketersediaan sparepartnya. Saya sendiri sebagai pemelihara salah satu produk suzuki juga sempat mengalaminya, datang ke bengkel resmi tapi sparepart gak ada dan harus inden. Nah berawal dari situ maka di suatu grup medsos kami menghimpun informasi dari berbagai pengguna suzuki tentang part-part yang bisa saling tukar atau substitusi. Nah makin memudahkan bagi mereka yang ingin mencari sparepart. berikut adalah daftar sparepart suzuki yang bisa saling tukar dengan motor lain bahkan lintas merk.
- cvt part bisa saling dipertukarkan satu sama lain diantara Spin - Skywave - Skydrive
- kampas rem belakang = thunder125/yamaha rx king/rgr150/spin
- kampas rem depan Spin/Skydrive = kampas rem cakram belakang shogunSP/FU150/honda supraX125DB (type single piston)
- kampas rem depan Skywave = kampas rem cakram depan shogun125/thunder125 (type double piston)
- cakram depan = smash lama
- kabel spidometer = smash / titan
- roller = ukuran 20 x 15 (diameter luar x diameter dalam) kalau dibandingkan sama dengan ukuran roller Kymco Dink150
- cvt belt = kymco dink150, kalo darurat bisa pake punya hon*a vario
- busi = smash/shogun125 (NGK C7HSA/CR6HSA) selain itu juga ada denso - ND U20FSR-U atau NGK C7HVX Platinum dan NGK CR7HIX Iridium
- filter oli = shogun125 FD/thunder125
- baut plastik choke holder = shogun/satria f150
- karet vakum karburator = satria f150/thunder 125/thunder 250
- nozzle & needle karburator = thunder125; Satrif FU hanya cocok di Jarum Skep (Needle) saja.
- spuyer = PJ Shogun110/smash/shogun125 & MJ keihin Tiger
- piston = shogun110/smash/shogun125
- koil = Shogun110 lama/Shogun SP lama/satria 120/satria f150 CBU/kaze
- kabel rem belakang bisa pake punya skywave
- kopling set TrendSR (tapi mangkok kopling tidak mengcover sempurna kampas koplingnya)
- klep (valve) = Shogun 125 FL
- cylinder head = Spin serupa dengan Skydrive (tapi porting intake dan exhaust nya berbeda... Skydrive lebih besar)
- camshaft (noken as) = Spin/Skywave
- rocker arm(pelatuk) = mio
- Per klep bisa pake Mio/Shogun110
- Rantai keteng bisa pakai punya Shogun125. (ukuran 46 mata)
- Tensioner Rante Keteng = Shogun/Smash
- per cvt = vario (tapi tanpa kait penahan)
- per kopling sentrifugal = mio/vario
- teromol depan untuk velg jari2 ukuran 17inci bisa pake smash
- tromol belakang Skydrive sama dengan tromol belakang Spin 2008 (Spin type bunga / produksi pasca 2008)
- Spin dan Skywave bisa saling tukar pasang velg depan dan velg belakang secara plug n play
- Skydrive bisa pasang velg depan Spin 2008/Skywave tapi harus ditambah bos setebal 3 mm (fork/garpu depan lebih lapang sedikit).
- Skydrive bisa pasang velg belakang Spin2008/Skywave tanpa ubahan apapun
- Spin2008/Skywave tidak bisa pasang velg depan Skydrive karena fork/garpu depan lebih sempit ukurannya.
- Spin2008 bisa pasang velg belakang Skydrive secara plug n play
- Skywave tidak bisa pasang velg belakang Skydrive karena lebih tebal, dan tidak muat masang swing arm kanan.
- bohlam lampu depan type kaki satu ukuran 25W
ukuran spuyer karburator :
Spin PJ 15 & MJ 97,5
Skywave 12,5 & MJ 130
Skydrive 15 & MJ 92,5
Karburator tipe Mikuni BS26 = Thunder125/Satria150/TVS Apache 160
Rekomendasi setelan celah klep untuk penggunaan Camshaft/Nokkenas Standar Original Pabrikan
IN 0,04 mm - 0,07 mm
EX 0,09 mm - 0,13 mm
karburator : pulsar 135 UCAL BS26, byson mikuni BS26, walopun setipe tetap ada perbedaan di jeroannya, cmiiw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar