Pemasangan RRA Pada Suzuki Shogun



Shogun 125 FL atau Robot
Well, sudah sekitar tahun 2003 yang lalu templar model roller atau yang biasa kita kenal dengan nama RRA(roller rocker arm) diperkenalkan. Ya tepatnya honda karisma yang pertama di indonesia yang mengaplikasikan model rra seperti itu. Beberapa manfaat yang bisa didapat adalah mesin lebih efisien karena gesekan berkurang dengan adanya roller. Dan itu terbukti karena honda karisma memang lebih irit dari pada pesaingnya kala itu yaitu Shogun 125, Kawasaki Kaze 125 dan Blitz Joy 125. Sejak saat itu mulailah terbesit ide untuk memodifikasi templar bagi motor yang belum mengaplikasikannya. Termasuk saya, saya ingin sekali memodifikasi salah satu motor yang belum aplikasi RRA. Kali ini saya akan memodif Suzuki Shogun 125SP tahun 2007 atau dikenal dengan shogun FL/Robot. Apakah bisa dan mudah? Jawabannya adalah bisa dan mudah.



Beda RRA dan Standar
Pertama, tentu kita persiapkan bahan-bahan dulu. Sama seperti seorang chef yang mau masak jadi persiapkan bahan yang terbaik. Bahanyya tentu saja persiapkan templar rollernya dulu, bisa kita ambil paling gampang adalah milik suzuki NEX/Address/Shooter/Smash FI yang udah pake roller. Harganya sih lebih mahal dari pada templar biasa sekitar 200 ribuan, mahal tapi kualitas terjamin. Oiya pilihan tadi untuk Shogun FL atau robot yha kalo untuk Shogun FD bisa pakai RRA honda Vario generasi pertama. Selain RRA nya, adalagi yang harus dipersiapkan yaitu ring dengan tebal 4mm untuk mengganjal Rra agar tidak goyang kanan kiri. Bahan yang paling penting adalah NOKEN AS.


Noken As yang sudah Dicustom
Untuk noken as, standarnya tentu gak bakal bisa dipake karena base circle atau bulatan dasarnya terlalu besar. Modifikasi noken as kali ini saya merujuk pada ahli noken as dari magetan yaitu mas Adit Nabata. Datang ke bengkelnya dan memesan noken dengan karakter khusus. Noken as standar dilas dengan las argon berkualitas tinggi hingga didapat noken mentahan. Lanjut noken as dibentuk ulang dengan profil yang lebih membulat dan disesuaikan dengan derajat yang dibutuhkan. Untuk bikin noken as ini memang harus sabar, trial and error seperti wajib dilakukan untuk noken as yang sempurna.


Setelah semuanya siap, langsung saja dipasang. Cara pemasangannya tidak ribet alias sama saja. Setelah
dipasang wajib hukumnya untuk ditest jalan dulu dan dilakukan setting ulang karburator agar maksimal. Kali ini saya settingnya ga jauh-jauh karena saya hanya memotong ujung jarum skep dan memperuncing jarum. Jarum yang runcing akan sedikit membuat campuran lebih homogen dan lancar.


Setelah semua pemasangan selesai, di coba dan hasilnya? Jreeng tenaga mesin lebih linear dari putaran bawah hingga atas. Juga nafas lebih panjang tanpa mengorbankan putaran bawah. Bahkan putaran mesin sampai kena limiter terus yang artinya putaran atas tetap terjaga.


Overall, inilah bahan bahan yang harus dipersiapkan dan biaya kurang lebihnya:

  1. Templar Suzuki Nex/Address/Shooter/Smash FI/JupiterZ1 : 200rb
  2. Noken As : 350rb
  3. Bikin ring 4mm 2x : 10rb
  4. Ongkos pasang (saya pasang sendiri) : gratis
  5. Gorengan dan kopi : 6rb

1 komentar:

  1. Pemasangan ada ubahan lain ngga mas? Wajib coak piston apa ngga biar menghindari klep nabrak piston

    BalasHapus