Shogun 125 FL atau Robot |
Well, sudah sekitar tahun 2003 yang lalu templar model
roller atau yang biasa kita kenal dengan nama RRA(roller rocker arm)
diperkenalkan. Ya tepatnya honda karisma yang pertama di indonesia yang
mengaplikasikan model rra seperti itu. Beberapa manfaat yang bisa didapat
adalah mesin lebih efisien karena gesekan berkurang dengan adanya roller. Dan itu
terbukti karena honda karisma memang lebih irit dari pada pesaingnya kala itu
yaitu Shogun 125, Kawasaki Kaze 125 dan Blitz Joy 125. Sejak saat itu mulailah
terbesit ide untuk memodifikasi templar bagi motor yang belum
mengaplikasikannya. Termasuk saya, saya ingin sekali memodifikasi salah satu
motor yang belum aplikasi RRA. Kali ini saya akan memodif Suzuki Shogun 125SP
tahun 2007 atau dikenal dengan shogun FL/Robot. Apakah bisa dan mudah? Jawabannya
adalah bisa dan mudah.
Pertama, tentu kita persiapkan bahan-bahan dulu. Sama seperti
seorang chef yang mau masak jadi persiapkan bahan yang terbaik. Bahanyya tentu
saja persiapkan templar rollernya dulu, bisa kita ambil paling gampang adalah
milik suzuki NEX/Address/Shooter/Smash FI yang udah pake roller. Harganya sih
lebih mahal dari pada templar biasa sekitar 200 ribuan, mahal tapi kualitas
terjamin. Oiya pilihan tadi untuk Shogun FL atau robot yha kalo untuk Shogun FD
bisa pakai RRA honda Vario generasi pertama. Selain RRA nya, adalagi yang harus
dipersiapkan yaitu ring dengan tebal 4mm untuk mengganjal Rra agar tidak goyang
kanan kiri. Bahan yang paling penting adalah NOKEN AS.
Untuk noken as, standarnya tentu gak bakal bisa dipake
karena base circle atau bulatan dasarnya terlalu besar. Modifikasi noken as
kali ini saya merujuk pada ahli noken as dari magetan yaitu mas Adit Nabata. Datang
ke bengkelnya dan memesan noken dengan karakter khusus. Noken as standar dilas
dengan las argon berkualitas tinggi hingga didapat noken mentahan. Lanjut noken
as dibentuk ulang dengan profil yang lebih membulat dan disesuaikan dengan
derajat yang dibutuhkan. Untuk bikin noken as ini memang harus sabar, trial and
error seperti wajib dilakukan untuk noken as yang sempurna.
Setelah semuanya siap, langsung saja dipasang. Cara pemasangannya
tidak ribet alias sama saja. Setelah
dipasang wajib hukumnya untuk ditest jalan
dulu dan dilakukan setting ulang karburator agar maksimal. Kali ini saya
settingnya ga jauh-jauh karena saya hanya memotong ujung jarum skep dan
memperuncing jarum. Jarum yang runcing akan sedikit membuat campuran lebih
homogen dan lancar.
Setelah
semua pemasangan selesai, di coba dan hasilnya? Jreeng tenaga mesin lebih
linear dari putaran bawah hingga atas. Juga nafas lebih panjang tanpa
mengorbankan putaran bawah. Bahkan putaran mesin sampai kena limiter terus yang
artinya putaran atas tetap terjaga.
By Jaller
Overall, inilah bahan bahan yang harus dipersiapkan dan
biaya kurang lebihnya:
- Templar Suzuki Nex/Address/Shooter/Smash FI/JupiterZ1 : 200rb
- Noken As : 350rb
- Bikin ring 4mm 2x : 10rb
- Ongkos pasang (saya pasang sendiri) : gratis
- Gorengan dan kopi : 6rb
Pemasangan ada ubahan lain ngga mas? Wajib coak piston apa ngga biar menghindari klep nabrak piston
BalasHapus