Memperbesar Pengapian Shogun 125 SP Dengan Kapasitor

image
Well, secara standar pengapian Suzuki Shogun SP sudah cukup besar untuk ukuran bebek. Akan tetapi seiring bertambahnya usia pakai dari motor, berkuranglah performa pengapian. Berkurangnya pun bahkan jauh dibawah standar. Efeknya, selain tenaga berkurang, bahan bakar pun dirasa semakin boros.

Ciri yang paling nampak adalah berkurangnya tenaga, karena pembakaran menjadi tidak sempurna karena api busi mengecil. Ciri yang lain salah satunya adalah timbulnya kerak atau jelaga yang berlebihan pada piston dan ruang bakar sehingga mempengaruhi keseluruhan proses pembakaran.
Berbagai cara pun dapat ditempuh demi mengembalikan performa mesin di sektor pengapian. Beberapa contohnya adalah mengganti CDI standart dengan CDI racing, mengganti koil standar dengan yang merk Aftermarket berlabel Racing. Akan tetapi, komponen yang racing-racing tersebut tidaklah bersahabat pada kantong sebagian dari kita, termasuk saya, hehehe
Namun telah ada solusi jitu bagi yang mengalami masalah pengapian dan masalah kantong sekaligus. Yaitu memperbesar pengapian menggunakan kapasitor yang berharga murah meriah, harga satuan hanya 500 perak(harga di toko Tawangmangu). Bahkan ada yang gratis lho, loh kok bisa? Yha bisa dengan cara minta ama temen yang beli kebanyakan, hehehe
image Ukuran kecil mungil.
Yap, sekarang kita bahas cara pembuatannya. Pertama-tama bongkar dulu body motor yang menutupi sektor mesin dan koil. Kalau di Shogun SP sih cukup body tebeng samping saja. Nah setelah semua yang perlu dicopot terlepas, bersihkan dulu koil dari debu yang menempel biar enak maeninnya. Langsung saja tanpa basa basi potong kabel dari CDI ke koil, trus pasang kapasitor yang kita persiapkan tadi. Oiyha kapasitornya yang ukuran 4,7µf soal ukuran volt, yang aman pakai saja yang 50volt. Jika ingin memakai tegangan yang lebih tinggi silahkan tapi resiko gak ditanggung oleh Anytopic, hehe. Sementara kutub positif ditunjukkan dengan kaki kapasitor yang panjang dan negatif oleh kaki yang pendek.
Cara pemasangannya juga cukup mudah, hanya cukup menyambungkan kaki positif kapasitor ke koil dan negatif ke CDI. Mudah bukan? Hanya perlu penyambungan yang sempurna, dengan solder dan tenol, maka cukuplah itu. Setelah semuanya tersambung dengan baik, alangkah baiknya jika dibungkus dengan isolasi agar tidak terjadi korsleting.
Dari hasil yang anytopic coba, pembakaran menjadi lebih sempurna, bisa dilihat dari warna elektrode busi yang berwarna merah bata, berubah dari sebelumnya yang berjelaga. Nah Anytopic melakukan test dengan Shogun FL, untuk motor lain, silahkan melakukan percobaan. Untuk motor yang masih menggunakan pengapian standar, spek kapasitor bisa sama. Kecuali motor yang telah melakukan bore up extreem, pastilah spek kapasitor dapat berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar