Tombol Engine Cut Off Pada Motor

Well, saya sebagai biker average alias rider biasa kadanag berpikir, untuk apa yah pabrikan menyematkan tombol cutoff pada motor produksinya?. Saya sendiri pun menjawab dengan gampang, secara logika dan praktikal, tombol ini mempermudah pengguna untuk mematikan mesin motor.

Apa hanya itu? tidak, lebih lanjut lagi, tombol ini juga dapat digunakan sebagai pemanis area kemudi motor, hehehe untuk alasan ini sangat subjektif. Pertama kali saya menggunakan tombol ini adalah ketika saya pinjam honda tiger pada salah satu teman, saya penasaran apa sih ini fungsinya?. Setelah mencoba sendiri, akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa tombol ini tidak ada gunanya secara menonjol.Lalu untuk apa dipasang?
Setelah beberapa kali saya riding dalam kondisi stop n go, terlebih pada saat menunggu lampu merah di perempatan, saya mengetahui manfaat yang lebih baik. Yaitu manfaat untuk mematikan mesin dengan lebih gaya, tanpa harus ribet mindahin tangan ke arah kunci kontak. Bayangin aja pas nunggu lampu merah dan angka inidikator traffic light menunjukkan angka 79? Pasti 79 detik hanya untuk menunggu bukankah jika kita mematikan mesin, akan bermanfaat menghemat bahan bakar dan mendinginkan mesin? bener kan, saya sering tuh mematikan mesin ketika di lampu merah.
nah, jadi itu fungsi asli menurut pemikiran penulis. Jika ada yang mau tambahin, bisa dikolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar